>

AD (728x60)

Rabu, 14 Januari 2015

Perkembangan Fasilitas TIK di Universitas Gunadarma

Share & Comment
Perkembangan Fasilitas TIK di Universitas Gunadarma
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang pesat di masyarakat.  Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. 

Universitas Gunadarma dengan visinya ”menjadi universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia, yang kontribusinya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (reconized) baik di tingkat regional maupun internasional,” telah menyadari akan berbagai ancaman, kendala, dan kesempatan sebagai dampak dari upaya pencapaian visi tersebut. Oleh sebab itu, berbagai program pengembangan teknologi informasi dan komunikasi telah dilakukan. Upaya tersebut meliputi pengembangan infrastruktur, yaitu pembangunan sistem jaringan komputer dengan model hybrid (menggunakan beragam teknologi seperti fibre optic, wireless, wireline); peningkatan koneksi Internet; dan mengembangkan sistem informasi akademik dan fasilitas aplikasi berbasis web lainnya. Hal ini ditujukan agar visi yang telah ditetapkan menjadi lebih cepat terealisasikan.

Visi dan Misi pengembangan TIK Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Dengan mengacu ke visi dan misi Universitas Gunadarma, visi dan misi Universitas khusus untuk pengembangan dan penerapan TIK (UG ICT Strategic Planning) adalah sebagai berikut:

Visi:
Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma termasuk perguruan tinggi yang berada di posisi terdepan dalam pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi, baik untuk kepentingan proses pendidikan maupun dalam dalam upaya pengembangan daya saing bangsa di lingkungan global.

Misi:
  • Menyediakan layanan teknologi informasi dan komunikasi untuk mewujudkan suasana akademis yang kondusif dalam proses belajar mengajar- yang menerapkan metode belajar yang inovatif dan menitikberatkan pada pendekatan student centered learning.
  • Memberikan layanan informasi akademik berbasis teknologi informasi dan komunikasi ke civitas academica dan pemangku kepentingan eksternal dalam upaya mewujudkan akuntabilitas publik dan  transparansi informasi.
  • Mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan good university governance oleh setiap unit kerja di Universitas Gunadarma.
  • Mengembangkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kegiatan penelitian dalam bentuk akses informasi penelitian, penelitian dan pengembangan penelitian di bidang TIK, serta diseminasi hasil penelitian civitas academica dan pihak eksternal
  • Memberikan kontribusi dalam meningkatkan penetrasi TIK dalam rangka mewujudkan digital society melalui pengembangan dan penerapan TIK dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan kerja sama dengan pihak eksteral.
Sejarah Perkembangan Fasilitas TIK Universitas Gunadarma.
Perkembangan fasilitas TIK di Universitas Gunadarma diawali pada tahun 1982.
  • Pada tahun tersebut Universitas Gunadarma melakukan pembelian komputer yang digunakan untuk proses pendidikan.
Pada Tahun 1988-1995.
  • Gunadarma mendapat bantuan berupa komputer dari presiden yang digunakan untuk kegiatan kursus pembekalan. 
  • Gunadarma juga melakukan Pengembangan Sistem Manajemen Akademik Online untuk pengisian KRS, basis data mahasiswa, pengolahan nilai, KTM dan Pemasangan jaringan intranet pertama dengan 10-base-5 di Kampus Kelapa Dua
Pada Tahun 1996.
Pada Tahun 2000.
  • Peluncuran staffsite di http://staffsite.gunadarma.ac.id yaitu untuk informasi pembelajaran dari setiap dosen dan Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 1 Mbps.
Pada Tahun 2002-2003
  • Peluncuran career center di http://career.gunadarma.ac.id dan digital library di http://library.gunadarma.ac.id.
Pada Tahun 2004-2006.
  • Pemasangan backbone Fiber Optics di tiga lokasi kampus yaitu Kampus D, Kampus E, dan Kampus G. Selain itu pula, Peningkatan bandwidth internet dari 2 Mbps menjadi 16 Mbps.
Pada Tahun 2007
  • Penambahan kapasitas bandwidth dari 16 Mbps menjadi 26 Mbps. 
  • Peluncuran repository system di http://repository.gunadarma.ac.id
  • Peluncuran e-learning system di http://elearning.gunadarma.ac.id
Pada Tahun 2008
  • Peluncuran desain baru website Universitas Gunadarma beserta subdomain pendukung lainnya
Universitas Gunadarma
  • Penambahan bandwidth Internet dari 26 Mbps menjadi 30 Mbps
  • Peluncuran beberapa layanan informasi akademik berbasis web yang
meliputi:
  • UG Open Courseware di http://ocw.gunadarma.ac.id 
  • UG News di http://ugnews.gunadarma.ac.id 
  • UG Community di http://community.gunadarma.ac.id.

Fasilitas Pembelajaran Berbasis TIK di Universitas Gunadarma
Berbagai sarana dan prasaranan yang digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar telah dikembangkan yaitu UG-Elearning Center, UG-Staffsite, UG Student Site, UG-Library center, Internet Lounge, Integrated Lab, dan fasilitas UG-Hot Zone.

UG SAP (http://sap.gunadarma.ac.id/)
SAP Universitas Gunadarma
Satuan Acara Perkuliahan (SAP)  berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.

Virtual Class (http://v-class.gunadarma.ac.id/)
V-Class Universitas Gunadarma
Virtual Class adalah salah satu fasilitas layanan dari Digital Learning yang dapat membuat proses belajar-mengajar berjalan tanpa perlu adanya tatap muka antara pengajar dan siswa. Website ini untuk berinteraksi dengan dosen di dunia maya ketika dosen berhalangan hadir mengajar dalam kelas.

BAAK Online (http://baak.gunadarma.ac.id/
BAAK Universitas Gunadarma
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Dalam fitur BAAK online ini mahasiswa dapat melihat jadwal perkuliahan sesuai dengan kelas masing-masing serta mahasiswa dapat melihat informasi dengan cepat dan tidak perlu datang ke kampus untuk melihat informasi terbaru.

UG Staffsite (http://staffsite.gunadarma.ac.id/)
Staffsite Universitas Gunadarma
Staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. 

UG Studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id/)
Studentsite Universitas Gunadarma
Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (3) Daftar Nilai Sementara (DNS).

UG Library (http://library.gunadarma.ac.id/)
Library Universitas Gunadarma
UG Library adalah pelayanan perpustakaan secara online yang dimiliki Universitas Gunadarma untuk menunjang kegiatan perkuliahan. UG Library ini berfungsi sebagai sumber informasi untuk proses belajar mengajar yang dilakukan mahasiswa dengan dosen yang bersangkutan.

UG Integrated Lab/Remote Lab (http://ilab.gunadarma.ac.id/)
iLab Universitas Gunadarma
UG Integrated Lab adalah suatu fasilitas yang terdapat di Universitas Gunadarma yang bersifat praktikum. Praktikum Ilab berbeda dengan laboratorium komputer regular yang dimiliki setiap program studi. konsep dari Ilab adalah praktikum mandiri yaitu praktikan mengerjakan praktikum secara mandiri, tidak ada asisten praktikum seperti di laboratorium regular lainnya yang membantu praktikan jika ada kesulitan.

UG HotZone
UG HotZone
Fasilitas yang memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma untuk mengakses internet gratis di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki laptop, handphone, yang sudah fasilitas WiFi.

UG Internet Lounge
UG Internet Lounge
Internet lounge adalah ruang yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini terdapat di kampus D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan mahasiswa dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut sudah mengaktifkan studentsite.

Evaluasi Kendala TIK di Universitas Gunadarma.
Evaluasi Kendala TIK di Universitas Gunadarma
Kendala.
Dalam melakukan pemeliharaan jaringan computer Universitas Gunadarma tidak terlepas dari kendala kendala baik yang bersifat non teknis maupun yang bersifat teknis dan kendala gangguan alam yang kadangkala terjadi. Disini saya merangkum beberapa kendala yang saya rasakan dalam menggunakan fasilitas TIK di Gunadarma selama saya kuliah 3 semester ini. Beberapa kendala yang sering terjadi adalah:
  1. Server untuk sistem informasi akademik (cek nilai ipk) kadang-kadang mengalami gangguan operasi (down).
  2. Ada beberapa titik atau wilayah di lingkungan kampus yang belum terjangkau oleh Access Point (UG-Hotzone) khususnya di Kampus J3 (kalimas).
  3. Pemanfaatan UG-Mobile System oleh mahasiswa relatif masih rendah.
Solusi Mengatasi Kendala.
Kendala-kendala yang terjadi diatas seringkali menghambat Sistem informasi Akademik yang berjalan diatas infrastruktur yang ada. Berikut ini adalah usulan sebagai solusi dari kendala yang terjadi diatas:
  1. Upgrade atau penggantian Server dengan bandwith / spesifikasi yang lebih tinggi
  2. Penambahan fasilitas access point, yang diawali dengan pemetaan atau survey wilayah di lingkungan kampus yang belum terjangkau oleh UG-Hotzone.
  3. Sosialisasi UG-Mobile System yang lebih intensif ke mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. 
Tags:

Written by Ray

Invest three percent of your income in yourself (self-development) in order to guarantee your future.

 

Motivational Quote


Student Site News

Copyright Berbagi Ilmu | Designed by Ray Ferdian