>

AD (728x60)

Rabu, 28 Mei 2014

Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi didalam kehidupan Budaya Indonesia

Share & Comment
Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi didalam kehidupan Budaya Indonesia


Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi

Didalam ilmu pengetahuan teknologi, kita akan menemukan teknologi informasi dan teknologi komunikasi. teknologi informasi dan komunikasi tentu saling berhubungan, karena dalam proses komunikasi tentu ada informasi yang disampaikan antara satu individu dengan yang lainnya. didalam proses kehidupan budaya yang ada di indonesia khususnya maupun dunia pada umumnya, kita akan menemukan berbagai macam kebudayaan yang memiliki perbedaan baik secara struktural maupun konsep kehidupan berbudaya. berkembangnya teknologi komunikasi yang ada saat ini, secara langsung turut berperan serta mengubah gaya hidup manusia  sesuai dengan perkembangan zamannya.

Kalau kita berbicara tentang budaya, maka erat kaitannya dengan gaya hidup. ketika perkembangan teknologi komunikasi yang sangat pesat terjadi di indonesia, kita bisa menemukan berbagai macam perubahan terjadi dalam kehidupan berbudaya tanpa menghilangkan kebudayaan asli indonesia sendiri. pandangan masyarakat secara umum mengenai perkembangan teknologi komunikasi dalam kehidupan berbudaya pun memiliki pandangan yang berbeda-beda di kalangan masyarakat. dan pastinya akan ada Nilai positif dan nilai negatif.

Jika kita bijak dalam menggunakan teknologi komunikasi maka teknologi ini akan bermanfaat, tetapi teknologi komunikasi bisa juga merugikan apabila orang yang menggunakannya tidak punya pola pikir yang tepat dan tidak bijaksana.

Nilai positif teknologi komunikasi di dalam kehidupan budaya.

Di tangan orang-orang yang kreatif dan mempunyai pola pikir hebat. Teknologi komunikasi bisa di jadikan sebuah alat untuk berpromosi, dia promosikan hasil karyanya, melalui telepon maupun internet. Teknologi komunikasi juga bisa di jadikan sumber ilmu pengetahuan, karena apapun yang di cari di internet pasti ada, melalui mesin pencarian google.

Kitapun bisa mengambil contoh Teknologi komunikasi pada sebuah alat untuk meminimalisir bencana. Ketika dulu akan terjadi gunung meletus budaya /kebiasaan masyarakat hanya mengandalkan tanda-tanda alam. Kini dengan kemajuan teknologi komunikasi masyarakat sudah dapat mengantisipasi semua sebelum bencana datang. Dengan adanya sms peringatan bencana, berita di televisi dan radio, dan juga satelit radar.

Kehidupan berbudaya masyarakat pedesaan sekarang juga sudah di pengaruhi teknologi komunikasi, di saat dahulu masyarakat desa berjalan dari satu desa ke desa yang lain demi mendapatkan sebuah informasi mengenai harga produk pertanian yang telah mereka panen, pupuk ataupun bibit, kini nokia telah memberikan layanan pada salah satu produk handphone mereka dan di produk tersebut sudah di masukan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan petani dalam berbagai hal. Lewat nokia lifetools petani bisa mengakses berbagai info seputar pertanian termasuk peternakan dan perikanan. Petani bisa mendapatkan harga pasar untuk barang komoditasnya sehingga memudahkan mereka dalam menjual hasil panennya.
 
Nilai negatif teknologi komunikasi di dalam kehidupan budaya.

Dampak negatifnya saya akan memberi contoh dari kalangan remaja di mana para remaja cenderung meniru kebudayaan barat. Jika pengaruh-pengaruh tersebut dibiarkan, Moral generasi bangsa menjadi rusak, selain itu rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat menjadi berkurang. Tak sedikit juga kalangan remaja yang lebih senang belajar budaya asing. Oleh karena itu kita harus bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi yang  ada saat ini.

Kesimpulan teknologi komunikasi di dalam kehidupan budaya.

Kesimpulannya teknologi komunikasi menggeser sebuah budaya masyarakat, ketika ada budaya saling bertatap muka dan bertemu secara langsung, kini dengan adanya teknologi dengan satu tombol kita sudah bisa bersilatuhrahmi dengan masyratkat lainnya di manapun dan kapanpun seperti teleconference, webcam, dan teknologi komunikasi canggih lainnya. Teknologi komunikasi sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, dari yang muda sampai yang tua. Teknologi komunikasi telah merubah budaya masyarakat.

Masyarakat di mudahkan oleh teknologi. Masyarakat juga lebih kritis menghadapi perubahan yang ada di sekitar, semua informasi dan berita bisa di dapatkan dengan mudah hanya di dalam satu genggaman sekalipun.

Kita sebagai mahasiswa generasi penerus bangsa, seharusnya bisa menjadikan teknologi komunikasi untuk kemajuan bangsa dan Negara. Pergunakanlah teknologi komunikasi sebijaksana mungkin dan selalu menjunjung tinggi nilai budaya bangsa Indonesia.

Nama : Ray Ferdian
NPM: 17113333
Kelas: 1KA35


Sumber :
Tags:

Written by Ray

Invest three percent of your income in yourself (self-development) in order to guarantee your future.

 

Motivational Quote


Student Site News

Copyright Berbagi Ilmu | Designed by Ray Ferdian