>

AD (728x60)

Sabtu, 01 Oktober 2016

Contoh Penerapan Telematika di Indonesia

Share & Comment


Untuk Contoh Penerapan Telematika di Indonesia disini saya mengambil salah satu contohnya adalah E-Learning, jika di dalam Universitas Gunadarma dikenal dengan nama V-Class UG. E-Learning memungkinkan seorang guru dan siswa berinteraksi dalam proses belajar mengajar tanpa ada batasan ruang dan waktu. Guru dan siswa dapat mengakses materi pembelajaran dan melakukan aktivitas pembelajaran berupa forum, diskusi, tugas dari mana saja dan kapan saja, selama terhubung dengan jaringan komputer / koneksi internet. Sistem E-Learning memudahkan guru untuk memperoleh nilai siswa atas semua aktivitas yang telah dilakukan. 

Learning Management System (LMS) merupakan aplikasi perangkat lunak yang digunakan oleh kalangan pendidik, baik universitas atau perguruan tinggi dan sekolah sebagai media oembelajaran online berbasi sinternet (e-learning).

Banyak sistem yang bisa digunakan untuk membangun E-Learning salah satunya sistem Moodle 2.2+. Moodle merupakan program open source yang paling terkenal diantara program-program e-learning yang ada, misalnya ATutor, eLeap. Learning Management System LMS dan seterusnya. Aplikasi moodle ini dikembangkan pada Agustus 2002 oleh Martin Douglamas dengan moodle versi 1.0.

Kelebihan LMS Moodle
Banyak hal yang membuat moodle bebeda dengan yang lain, diantaranya:

  • Sederhana, efisien, dan ringan serta kompatibel dengan banyak browser.
  • instalasi yang sangat mudah.
  • dukungan berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia.
  • tersedianya manajemen pengguna (user management)
  • tersedianya course yang baik.
  • tersedianya model chat, modul polling, modul untuk jurnal, modul untuk kuis, serta masih banyak lagi.

Moodle juga mendukung pendistribusian paket pembelajaran dalam format SCORM (Shareable Content Object Reference Model). SCORM adalah standar pendistribusian paket pembelajaran elektronik yang dapat digunakan untuk menampung beberagai macam format materi pembelajaran, baik dalam bentuk teks, animasi, video, dan audio. Dengan menggunakan format SCORM maka materi pembelajaran dapat digunakan pada aplikas-aplikasi e-learning lain yang mendukung SCORM.

Dengan berbagai kelebihan dan kemudahan di atas, sudah saatnya sistem pembelajaran berbasis kelas digital diterapkan sebagai pendamping sistem pembelajaran berbasis kelas konvensional yang telah dilakukan selama ini.


Ray Ferdian
17113333
4KA33

Referensi:
Buku: KUPAS TUNTAS MEMBANGUN E-LEARNING DENGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE
Author; Amiroh, S.Kom
https://books.google.co.id/books?id=iVGLBAAAQBAJ&pg=PR5&dq=membangun+e-learning
Tags:

Written by Ray

Invest three percent of your income in yourself (self-development) in order to guarantee your future.

 

Motivational Quote


Student Site News

Copyright Berbagi Ilmu | Designed by Ray Ferdian